Minggu, 30 Juni 2013



NAMA   =HARIYANTO
NIM          =C31121092
PRODI    =PRODUKSI TERNAK
TUGAS   =KEWIRAUSAHAAN
Pengalaman pribadi tentang kewirausahaan
Berwirausaha jamu
        Ketika saya duduk di bangku kelas 3 SMK NEGERI KALIBARU ,pada saat itu saya diberi tugas berwirausaha berjualan jamu ditugaskan oleh salah satu PT yang ditentukan sekolah ,Pada saat itu saya diberikan tugas untuk menjual 5 pack jamu masing-masing berisi 10 sacshet jamu ,setiap 1 sacshet seharga Rp.2500 memang saya jual dengan harga Rp.3000 jika terjual semua saya mendapatkan untung Rp.500 tiap sachset jika terjual semua 5 pach saya mendapatkan untung sebanyak Rp.25000.
            Tantangan muncul karena jamu yang saya jual kemasannya ada yang rusak akibat salah membawanya ,ternyata berjualan itu tidak semudah seperti yang saya bayangkan sebelumnya karena muncul berbagai masalah dari dalam diri saya maupun faktor lain.misalnya rasa malu yang timbul dari dalam diri saya karena pengalaman pertama saya berwira usaha.
            Faktor lainnya timbul karena jamu yang saya bawa kemasanya mengalami kerusakan akibat dari kesalahan ketika saya membawa jamu tersebut ,semua masalah itu tidak menjadi masalah ketika kita selalu berusaha dan pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
            Jamu jamu itu saya jual dilingkungan saya tinggal dan diteman teman saya ,tetapi semua itu membutuhkan kecakapan dalam berbicara untuk meyakinkan para konsumen tentang  jamu yang saya jual dan kasiat kasiatnya supaya konsumen tertarik dan yakin untuk membeli jamu yang saya jual.
            Meyakinkan konsumen adalah suatu tantangan yang paling berat menurut saya karena tidak semua konsumen tertarik untuk membeli jamu yang saya jual ,bahkan ada beberapa orang yang saya yakinkan untuk membeli tidak membeli karena produk tersebut masih baru dan kurang terkenal dimasyarakat umum.Semua masalah itu saya hadapi dengan sabar dan yakin dibalik semua itu ada pasti  hikmahnya ,dan saya jadikan acuhan untuk kedepanya dalam berwirausaha.
Penjualan jamu yang saya lakukan merupakan suatu pengalaman yang tidak bisa dilupakan karena mengajarkan saya berwirausaha ,dan memacu saya untuk mengulang kembali keberhasilan itu .suatu keberhasilan sesunguhnya adalah ketika kita sudah mendapatkan apa yang sudah kita harapkan dari semua usaha kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar